Pengikut

Minggu, 14 Februari 2016

PAKET INTERNET AXIS GSM : Kendala, Keuntungan dan Cara Mengatasinya.


Logo AXIS
Salah satu provider favorit aku untuk Internet adalah AXIS. Tapi profider ini seringkali mengalami kendala. Kebetulan rumah aku agak masuk dalam L jadi stidak semua provider dengan kualitas sinyal HSDPA sampai kesini, kecuali XL. Dan berhubung XL sudah bekerjasama dengan AXIS, jadi kedua provider itulah yang aku andalkan untuk internet (kalau aku sedang di rumah). Awalnya aku kira malah sinyal HSDPA atau 3G tidak sampai ke rumahku, dan sempat beberapa lama aku menggunakan kartu 3 untuk internet dengan mengandalkan sinyal EDGE (karena masa aktif yang panjang). Saat itu 3 cukup diandalkan jika hanya untuk sekedar BBM,WA,LINE ataupun browsing ringan dan dengan sinyal EDGE tentu pemakaian censerung tidak banyak dan dengan masa aktif 3 yang sangat panjang, ini sangat membantu aku.

Menurut pandanganku, AXIS itu sangat murah untuk tarif internetnya, apalagi paket spesialnya. Bila Rabu Rawit dan Jumat Baik keluar, bawaannya langsung mau isi pulsa aja, biasanya AXIS menawarkan :
  •  Paket internet (BRONET) 24 jam 1GB hanya Rp9.900,-  30hari,
  •  BRONET 24jam 2GB Rp19.900,- 60 hari,
  • BRONET 12 GB(2GB utk 24Jam dan 10GB untuk 00-06),
  • Paket BB FULL SERVICE  3Bulan Rp69.900,-
  •  dan paket MURAH lainnya.
NOTE : Aku perhatiin , di FACEBOOK AXIS seringkali ada yang menanyakan, "Saya sudah mengaktifkan paket bronet kemarin, apakah jika saya mengaktifkan paket bronet lagi/ rawit lagi paket akan terganti atau terakumulasi???
JAWABAN : PAKET AKAN TERAKUMULASI,tap jangan lupa AXIS menerapkan prioriti penggunaan paket, info jelas ada aku tulis di bawah :)

      Untuk paket hemat AXIS ini bisa didapatkan setiap hari Rabu dan Jumat tiap minggunya, atau bisa di cek menggunakan APLIKASI AXISNET. Menggunakan aplikasi ini memudahkan pengguna untuk melihat pulsa, no hp, paket aktif dan paket yang ditawarkan pihak provider (recommended).
 Download Aplikasi AXISnet
     Namun, sampai saat ini (Februari,2016) AXIS belum mengeluarkan sinyal 4G/LTE nya. Tapi dengan harga paket yang sekarang ini, walaupun sinyal masih HSDPA saya sudah cukup puas. Bila dibandingkan provider lain, menurut saya AXIS masih paling murah, bisa diadulahh. Tapi, pepatah ada rupa ada harga sepertinya cukup berlaku pada AXIS, bisa dilihat dari FACEBOOK AXIS, banyak pelanggan yang mengeluhkan sinyal, pemotongan kuota yang tidak sesuai, pemotongan pulsa sepihak dan kendala lainnya.
Saya sendiri pernah mengalami beberapa kendala, seperti :
  •  Pemotongan pulsa sepihak, (Part I) setelah melakukan pelaporan lengkap 3 hari kemudian pulsa kembali. Bahkan entah sengaja atau tidak, pulsa yang dikembalikan lebih dari pulsa yang terpotong (saat itu saya merasa pulsa yang terpotong sekitar 5rb namun ketika dikembalikan sekitar 6500).
  •  Pemotongan pulsa sepihak, (Part II),  saat itu sisa kuota saya sekitar 200 MB kalau gak salah, dan mumpung ada promo Jumat Baik RP39.900(5GB)  kalau tidak salah, saya agak lupa besar kuota yang ditawarkan hanya ingat harganya :)  , saya melakukan isi pulsa senilai 50rb dengan sisa pulsa sebelumnya sekitar 3rb saya mengaktifkan paket tersebut sehingga sisa pulsa saya sekitar 13rb. Namun, malang...setelah mengaktifkan paaket dan mendapat sms pemberitahuan bahwa paket telah aktif, saya juga memastikan melalui aplikasi AXISNET dan memang paket saya sudah ditambahkan. Setelah melakukan transaksi saya melanjutkan kegiatan surfing dunia maya dengan hp tercinta, namun tiba-tiba koneksi terputus dan selalu disconnect, berfikir mungkin ada gangguan jaringan iseng saya mengecek sisa kuota, dan voila kuota sisa 200MB saya telah hilang dan PULSA SAYA JUGA HILANG. Menahan kesal, saya melakukan pengaduan via twitter, namun pihak AXIS berkeras pulsa saya terpotong karena paket saya belum aktif dan paket saya sekitar 200MB itu telah habis sebelum saya mengaktifkan paket 5GB sehingga selurah pulsa terpakai untuk biaya internet. Percuma saya berkeras, karena saya tau akar masalah ini sebenarnya, yaitu  mungkin sistem AXIS yang masih lambat dan belum secanggih pihak provider lain, karena untuk setiap pergantian kuota ke tengah malam saja kita membutuhkan restart atau disconnect data secara manual (jika tidak ingin paket 24jam anda yang terpotong, padahal anda memiliki paket obor). Kesimpulan dari masalah ini adalah PASTIKAN RESTART HP ANDA , SETELAH MENGAKTTIFKAN PAKET
  • Sinyal Buruk, kalau ini sih masalah yang pernah beberapa kali saya alami. Namun biasanya dalam 24Jam sinyal kembali normal. Tapi, saran saya kalau memang kendala ini sering terjadi MUNGKIN daerah kamu sinyal AXIS kurang baik, segeralah beralih ke provider dengan sinyal terbaik di daerahmu, mungkin lebih mahal tapi ada harga ada rupa tohhh
  •  Pemotongan Kuota Tidak Sesuai (Part I), saat itu saya memiliki Paket Bronet 24jam dan paket internet 00-06 (PAKET OBOR). Namun saat saya melakukan download tengah malam sekitar jam 02.00 yang terpotong justru paket 24Jam (RUGI dong saya). Setelah melakukan pelaporan, ternyata syarat wajib menyambut paket tengah malam axis adalah WAJIB mematikan paket data sebelumnya, jadi misalnya ketika waktu menunjukkan pukul 00:00 paket data dimatikan dulu beberap saat (saran saya 5 menit) atau lebih baik HP di restart lebih dahulu, setelah itu otomatis paket data beralih menggunakan paket OBOR. (saran saya, untuk membuat keyakinan coba browsing atau download dengan kuota ringan, lalu lakukan pengecekan dan perhatikan paket mana yang berkurang). RIBET?? Emang, yaaa resiko paket murah....Dulu XL juga seperti itu, tapi sering menguntungkan. Dulu (2014) XL memiliki paket internet yang juga terbagi 24 jam dan tengah malam (00-12). Contohnya, saya memilik paket XL 24jam dan tengah malam, pada saat lewat 00 paket internet akan beralih otomatis ke tengah malam. Nah, untungnya ketika siang lewat pukul 12:00 paket internet akan tetap stay di paket malam yang notabene pasti lebih banyak daripada paket 24 jam (jadi paket tengah malam bisa jadi paket 24jam) dan seringkali juga tidak memotong kuota manapun alias gratis..tis..tis.. Tapi dengan syarat, HP kamu ga boleh mati ataupun putus paket datanya. Tapi ituuu duluuuuuuuuuu kalau sekarang langsung otomatis (XL).
  •  Pemotongan Kuota Tidak Sesuai (Part II), Ini merupakan masalah yang sampai sekarang tetap belum memuaskan aku. Nah, saat itu aku punya paket AXIS  BRONET 24 Jam dan Paket tengah malam (Namun dari paket Rawit), dan saat tengah malam saya melakukan cara yang sudah saya sebutkan di atas, namun tetap saja yang dipotong adalah paket BRONET 24jam. Untuk masalah ini saya udah melaporkan ke TWITER AXIS ( @ask_axis ) , FacebookAXIS, hingga menelepon ke AXIS Centre 838. Namun penyelesaiannya sangat tidak memuaskan, dari  FB disuruh lapor ke situs yang hanya bisa dibuka dari PC, lapor di Twitter jawabannya selalu disuru mematikan atau merestart HP, dan ketika menelepon ke Call Centre 838 jawabannya sama aja dan dikatakan tidak ada yang salah dengan paket saya dan saya dianjurkan untuk menelepon kembali di jam kejadian (Saya menelepon Call Centre 838 sekitar sore, dan disarankan menelepon kembali saat jam kejadian tidak bisa menggunakan paket tengah malam yaitu antara 00-06). Dan setelah melalui perjalanan panjang, akhirnya jawaban masalah ini terpecahkan yaitu AXIS menerapkan PRIORITAS pemakaian berdasarkan jenis paket. Jadi, misal kamu punya paket BRONET dan RAWIT SPESIAL paket kamu yang akan digunakan otomatis terlebih dahulu adalah paket Bronet, nah sampai paket BRONET itu habis baru deh paket RAWIT itu akan dipakai selanjutnya. SUMPAH!! RASANYA GAK ENAK BANGET!!

Nah, berdasarkan pengalaman itu aku punya saran untuk teman-teman yang mengalami kendala dan ingin membuat pengaduan agar dapat direspon secepatnya oleh pihak AXIS. Jadi, jika membuat pengaduan usahakan data yang kamu sertakan itu lengkap. Jadi pernah saya melakukan pengaduan saya sudah menyertakan nama,no AXIS, Tipe hp tapi tidak mencantumkan kota, setelah 3 jam menunggu jawaban dari pihak AXIS (Via Twitter) , jawaban yang saya dapatkan adalah tinggal di kota mana?? Dan setelah saya jawab, pihak AXIS kembali bertanya menggunakan HP tipe apa?? (padahal di laporan sebelumnya sudah saya sebutkan) Dan itu merupakan tindakan yang membuang-buang waktu. Jad saran saya, dalam membuat pengaduan, buatlah pengaduan lengkap.

Contoh Membuat Pengaduan Kendala atau Permasalahan di AXIS GSM :


Data pelaporan ini dapat dikirimkan melalui :
1. Klik link ini http://bit.ly/FBAXIS  melalui desktop atau PC
2. Telepon ke 838 dari nomor AXIS-mu dg biaya Rp 800,-/panggilan atau ke  08388000838 dari operator lain.
3. Email keluhan kamu ke cs-axis@xl.co.id
4. Via DM Twitter @ask_axis

#Kalau aku sih lebih suka kirim dari email atau twitter, praktis dan gratis. ^,^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar